Abstract:
Guru yang menjalankan tugas sebagai pendidik secara professional harus
memiliki kompetensi pendidik yang mampu mengikuti perkembangan zaman
yaitu mampu memanfaatkan media berbasis teknologi untuk memudahkan dalam
pembelajaran. Salah satu bentuk perkembangan teknologi dalam pendidikan yaitu
penggunaan media video sebagai media pembelajaran yang diharapkan mampu
membangun kemauan belajar siswa. Tujuan penelitian yaitu Mengetahui tahapan
pengembangan media pembelajaran berbasis video animasi pada materi Daerah
Tempat Tinggalku di Kelas IV SDN 064965 Sidodame, Mengetahui kelayakan
media pembelajaran berbasis video animasi pada materi Daerah Tempat
Tinggalku di Kelas IV SDN 064965 Sidodame dan Mengetahui kepraktisan media
pembelajaran berbasis video animasi pada materi Daerah Tempat Tinggalku di
Kelas IV SDN 064965 Sidodame. Metode yang digunakan dalam penelitian
pengembangan media pembelajaran berbasis video animasi adalah metode
penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D). Kesimpulan
yang diperoleh dari penelitian yaitu hasil validasi oleh ketiga validator
menunjukkan rata-rata persentase keseluruhan sebesar 96 %, sehingga
pengembangan media pembelajaran berbasis video animasi pada materi Bentang
Alam di Lingkungan Sekitarku di kelas IV SD N 064965 Sidodame termasuk
dengan kualifikasi “Sangat Layak”. Hasil respon peserta didik terhadap media
pembelajaran berbasis video animasi adalah sangat baik, sehingga video animasi
pada materi Bentang Alam di Lingkungan Sekitarku dapat digunakan sebagai
media pembelajaran di IV SD N 064965 Sidodame. Hasil tersebut dapat dilihat
dari hasil persentase yang diperoleh dengan nilai rata – rata respon peserta didik
yaitu 91,1% dengan kualifikasi “sangat setuju” untuk digunakan.