Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan aplikasi canva
terhadap kemampuan menulis teks negosiasi kelas x smk swasta jambi medan
tahun pelajaran 2023/2024. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif
eksperimen dan bentuk desain penelitian adalah Pre-Test dan Post-Test. Populasi
penelitian adalah siswa kelas X SMKN 1 Percut Sei Tuan dengan jumlah
keseluruhan 194 siswa. Adapun sampel penelitian ini adalah kelas X-AKL yang
berjumlah 32 siswa. Teknik pengambilan sampel yaitu menggunakan teknik
Random Sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum penerapan
aplikasi canva, tidak ada siswa yang memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal
(KKM), dengan rata-rata nilai 54,9. Setelah menggunakan aplikasi canva, terdapat
peningkatan signifikan, di mana 32 siswa mencapai KKM dengan rata-rata nilai
76,56. Uji T menunjukkan nilai Thitung sebesar 2,28, jauh lebih tinggi dari Ttabel
1,70, yang membuktikan bahwa penerapan aplikasi canva ini berpengaruh
signifikan terhadap kemampuan menulis siswa. Penggunaan aplikasi canva
terhadap kemampuan menulis teks negosiasi yaitu memberikan pengaruh baik
terhadap siswa kelas X SMK Swasta Jambi Medan.