Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media papan
Dakota terhadap hasil belajar matematika siswa pada materi Kelipatan Persekutuan
Terkecil (KPK) dan Faktor Persekutuan Terbesar (FPB) di kelas IV SDN 064964
Medan Timur. Latar belakang penelitian ini didasari oleh rendahnya hasil belajar
siswa dalam mata pelajaran matematika, khususnya pada materi KPK dan FPB
yang dianggap sulit dan abstrak bagi siswa sekolah dasar. Metode penelitian yang
digunakan adalah metode kuantitatif dengan desain eksperimental (experimental
research). Sampel penelitian terdiri dari dua kelas, yaitu kelas eksperimen yang
menggunakan media papan Dakota dan kelas kontrol yang menggunakan metode
pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan berupa tes hasil belajar.
Hasil analisis data menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar siswa yang
menggunakan media papan Dakota yaitu sebesar 87,8, sedangkan rata-rata hasil
belajar siswa yang menggunakan metode konvensional adalah sebesar 68. Siswa
yang belajar menggunakan media papan Dakota memperoleh nilai rata-rata yang
lebih tinggi. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media papan
Dakota berpengaruh positif terhadap peningkatan hasil belajar matematika siswa
pada materi KPK dan FPB.