dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat Pengaruh
Penggunaan Media Film Kartun Terhadap Keterampilan Menyimak Cerita Siswa
Kelas III SD 106865 Bandar Pamah dan untuk mengetahui hasil belajar sebelum
dan sesudah menggunakan media film kartun. Metode dalam penelitian ini
menggunakan kuantitatif dengan model one group pretest postest desain dengan
mengumpulkan data menggunakan pemberian tes. Teknik analisis data yang
digunakan uji validitas, uji realibilitas, uji normalitas, uji hipotesis, dan uji-t. hasil
uji-t yang di gunakan untuk menguji nilai rata-rata sebelum dan sesudah diberikan
perlakuan apakah ada pengaruh yang signifikan atau tidak. Berdsarkan output “
Test Statistic” diketahui bahwa nilai t hitung sebesar
. Dimana nilai t tabel
dengan taraf signifikan ɑ = 0,05 diperoleh nilai t tabel sebesar 1,729. Artinya nilai
t hitung > nilai t tabel atau > 1,729. Sehingga dapat disimpulkan bahwa
hipotesis di terima ( H0 ditolak dan Ha diterima ), dengan maksud bahwa terdapat
pengaruh yang signifikan penggunaan media pembelajaran film kartun terhadap
keterampilan menyimak cerita siswa dikelas III SD 106865 Bandar Pamah. |
en_US |