DSpace Repository

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPLANASI PADA SISWA KELAS XI SMA YPK MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2023/2024

Show simple item record

dc.contributor.author T. BERKAH NILA, SARI
dc.date.accessioned 2025-05-26T06:19:44Z
dc.date.available 2025-05-26T06:19:44Z
dc.date.issued 2025-04-23
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/27446
dc.description.abstract Penetian ini bertujuan mengetahui pengaruh model pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray terhadap kemampuan menulis teks eksplanasi pada siswa kelas XI SMA YPK Medan Tahun Pembelajaran 2023/2024. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI SMA YPK Medan yang terdiri dari 3 kelas dengan jumlah 80 siswa. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas XI-1 ditetapkan sebagai kelas eksperimen dan XI-2 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 54 siswa. Metode penelitian ini menggunakan penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan menggunakan desain kontrol pasca-tes. Instrumen yang digunakan oleh peneliti untuk mengukur keberhasilan model ini adalah tes tertulis dalam bentuk esai. Berdasarkan hasil penelitian kemampuan menulis teks eksplanasi sebelum menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray rata-rata 52,41 termasuk ke dalam kategori sangat kurang atau gagal. Sedangkan kemampuan menulis teks eksplanasi sesudah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray rata-rata 87,61 termasuk ke dalam kategori baik. Berdasarkan uji t diketahui nilai tℎ𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔 > t𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 yaitu 16,568 > 2,048 dengan ini hipotesis terbukti diterima. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray terhadap kemampuan menulis eksplanasi pada siswa kelas XI SMA YPK Medan Tahun Pembelajaran 2023/2024. en_US
dc.publisher UMSU en_US
dc.subject Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray en_US
dc.subject Kemampuan Menulis en_US
dc.subject Teks Eksplanasi en_US
dc.title PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPLANASI PADA SISWA KELAS XI SMA YPK MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2023/2024 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account