Abstract:
Pola komunikasi mengacu pada bentuk atau model hubungan antara dua pihak
dalam proses pengiriman dan penerimaan pesan. Penelitian ini bertujuan untuk
menganalisis pola komunikasi tutor dalam metode pembelajaran "satu murid satu
tutor" di LKP SAS English Laboratory, serta mengidentifikasi bagaimana pola
komunikasi ini memengaruhi pemahaman dan motivasi belajar murid. Penelitian
ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui
observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan teknik
deskriptif kualitatif yang mengacu pada teori komunikasi interpersonal. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa tutor menggunakan kombinasi komunikasi verbal
dan non-verbal untuk menyampaikan materi, membangun interaksi yang lebih
dekat dengan murid, serta meningkatkan efektivitas pembelajaran. Faktor seperti
intensitas komunikasi, penggunaan media pembelajaran, serta teknik komunikasi
dan strategi komunikasi turut berperan dalam menciptakan lingkungan belajar yang
kondusif. Temuan ini menegaskan bahwa pola komunikasi tutor yang efektif dapat
meningkatkan motivasi dan pemahaman murid dalam pembelajaran bahasa Inggris.
Oleh karena itu, pengembangan teknik komunikasi dan pemanfaatan media
pembelajaran yang lebih inovatif perlu dilakukan untuk mendukung keberhasilan
metode "satu murid satu tutor"