Please use this identifier to cite or link to this item: http://localhost:8080/handle/123456789/27445
Title: POLA KOMUNIKASI TUTOR DALAM PENGGUNAAN METODE BELAJAR UNIK SATU MURID SATU TUTOR DI LKP SAS ENGLISH LABORATORY
Authors: RIDHO, HASIBULLAH
Keywords: Pola Komunikasi;Tutor;Metode Pembelajaran Individual
Issue Date: 25-Feb-2025
Publisher: UMSU
Abstract: Pola komunikasi mengacu pada bentuk atau model hubungan antara dua pihak dalam proses pengiriman dan penerimaan pesan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pola komunikasi tutor dalam metode pembelajaran "satu murid satu tutor" di LKP SAS English Laboratory, serta mengidentifikasi bagaimana pola komunikasi ini memengaruhi pemahaman dan motivasi belajar murid. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan teknik deskriptif kualitatif yang mengacu pada teori komunikasi interpersonal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tutor menggunakan kombinasi komunikasi verbal dan non-verbal untuk menyampaikan materi, membangun interaksi yang lebih dekat dengan murid, serta meningkatkan efektivitas pembelajaran. Faktor seperti intensitas komunikasi, penggunaan media pembelajaran, serta teknik komunikasi dan strategi komunikasi turut berperan dalam menciptakan lingkungan belajar yang kondusif. Temuan ini menegaskan bahwa pola komunikasi tutor yang efektif dapat meningkatkan motivasi dan pemahaman murid dalam pembelajaran bahasa Inggris. Oleh karena itu, pengembangan teknik komunikasi dan pemanfaatan media pembelajaran yang lebih inovatif perlu dilakukan untuk mendukung keberhasilan metode "satu murid satu tutor"
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/27445
Appears in Collections:Communication Studies

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI_RIDHO_HASIBULLAH_2003110226.pdfFull Text2.62 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.