DSpace Repository

POLA KOMUNIKASI TUTOR DALAM PENGGUNAAN METODE BELAJAR UNIK SATU MURID SATU TUTOR DI LKP SAS ENGLISH LABORATORY

Show simple item record

dc.contributor.author RIDHO, HASIBULLAH
dc.date.accessioned 2025-05-26T06:13:32Z
dc.date.available 2025-05-26T06:13:32Z
dc.date.issued 2025-02-25
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/27445
dc.description.abstract Pola komunikasi mengacu pada bentuk atau model hubungan antara dua pihak dalam proses pengiriman dan penerimaan pesan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pola komunikasi tutor dalam metode pembelajaran "satu murid satu tutor" di LKP SAS English Laboratory, serta mengidentifikasi bagaimana pola komunikasi ini memengaruhi pemahaman dan motivasi belajar murid. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan teknik deskriptif kualitatif yang mengacu pada teori komunikasi interpersonal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tutor menggunakan kombinasi komunikasi verbal dan non-verbal untuk menyampaikan materi, membangun interaksi yang lebih dekat dengan murid, serta meningkatkan efektivitas pembelajaran. Faktor seperti intensitas komunikasi, penggunaan media pembelajaran, serta teknik komunikasi dan strategi komunikasi turut berperan dalam menciptakan lingkungan belajar yang kondusif. Temuan ini menegaskan bahwa pola komunikasi tutor yang efektif dapat meningkatkan motivasi dan pemahaman murid dalam pembelajaran bahasa Inggris. Oleh karena itu, pengembangan teknik komunikasi dan pemanfaatan media pembelajaran yang lebih inovatif perlu dilakukan untuk mendukung keberhasilan metode "satu murid satu tutor" en_US
dc.publisher UMSU en_US
dc.subject Pola Komunikasi en_US
dc.subject Tutor en_US
dc.subject Metode Pembelajaran Individual en_US
dc.title POLA KOMUNIKASI TUTOR DALAM PENGGUNAAN METODE BELAJAR UNIK SATU MURID SATU TUTOR DI LKP SAS ENGLISH LABORATORY en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account