Research Repository

Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi Pembagian Pada Siswa Kelas III Di Sanggar Bimbingan KampungBaru

Show simple item record

dc.date.accessioned 2025-05-24T09:51:06Z
dc.date.available 2025-05-24T09:51:06Z
dc.date.issued 2025-04-23
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/27417
dc.description.abstract Penelitianinibertujuanuntuk Diterima:2025-02-07 Direvisi:2025-03-23 Dipublikasi:2025-04-10 Katakunci:Kes alahanSiswa;Soa lCerita;Pembagia n. menganalisiskesalahansiswadalammenyelesaikansoal cerita materi pembagian pada siswa kelas III di Sanggar Bimbingan Kampung Baru Malaysia. Kesalahan siswa dikategorikan ke dalam tiga aspek, yaitu kesalahan konsep. Kesalahan prosedur dan kesalahan operasi. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, melalui observasi, tes tertulis, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitan menunjukkan bahwa siswa mengalami kesalahan dalam memahami konsep pembagian, menyususn model matematika dari soal cerita, serta melakukan perhitungan secara benar. Faktor utama penyebab kesalahan meliputi kurangnya pemahaman konsep dasar, kesulitan dalam membaca dan memahami soal cerita, serta kelemahanpenyelesaianyangtepat.Penelitian inimemberikan rekomendasiagarguru lebih menekankan pemahaman konsep pembagian dengan pendekatan yang lebih kontekstual dan interaktif, serta memberikan bimbingan dalam menyelesaikan soal cerita. Selain itu, diperlukan penguatan literasi matematika siswa untuk meningkatkan pemahaman mereka dalam menyelesaikan soal cerita dengan benar. en_US
dc.publisher UMSU en_US
dc.subject Kesalahan Siswa . en_US
dc.subject Soal Cerita en_US
dc.subject Pembagian en_US
dc.title Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi Pembagian Pada Siswa Kelas III Di Sanggar Bimbingan KampungBaru en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account