dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi model
pembelejaran inkuiri dapat meningkatkan nilai-nilai pancasila dan kesadaran sosial di
Sanggar Bimbingan Aisyiyah Kampung Pandan Malaysia. Pendekatan penelitian
menggunakan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang
digunakan yaitu: observasi, tes tertulis, dan dokumentasi. Analisis data penelitian
melalui tiga tahap yakni, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Hasil
penelitian ini menunjukkan bahwa siswa kurang memahami tentang arti pentingnya
nilai-nilai pancasila dan kesadaran sosial didalam lingkungannya terutama lingkungan
belajar dan keluarganya. Faktor utama penyebab siswa kurang memahami tentang arti
pentingnya nilai-nilai pancasila dan kesadaran sosial yaitu kurangnya pengajaran oleh
guru pada saat proses pembelajaran, kurangnya pembiasaan pengimplementasiannya
dalam kegiatan sehari-hari, serta kurang memahami arti pentingnya nilai-nilai
pancasila dan kesadaran sosial itu dalam lingkungannya. Penelitian ini memberikan
rekomendasi tentang implementasi model pembelejaran inkuiri yang dimana siswa
harus aktif dan kreatif pada saat melaksanakan pembelajaran, yang menjadi subjek
dalam penelitian ini adalah siswa guru hanya sebagai fasilitator. |
en_US |