Abstract:
Masalah utama dalam penelitian ini berkaitan dengan upaya menambah kemampuan literasi peserta didik
yang diterapkan dengan metode permainan menyusun kata di jenjang kelas II pusat pembelajaran
Muhammadiyah Kepong, Malaysia. Kajian ini bertujuan untuk memahami seberapa besar dampak dari
strategi permainan dalam menyusun kata terhadap kemampuan literasi siswa di Sanggar Bimbingan
Muhammadiyah Kepong, Malaysia, khususnya dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Kajian ini
mengimplementasikan desain eksperimen melalui pendekatan kuantitatif dan dilaksanakan melalui validasi
ahli (expert judgement) serta pengujian hipotesis. Populasi yang berpartisipasi seluruh siswa kelas II terlibat
dalam penelitian ini di sanggar pembinaan kepong malaysia, dengan sampel sebanyak 10 siswa yang
dilibatkan dalam metode eksperimen. Instrumen yang diterapkan dalam penelitian ini meliputi tes kinerja
dan dokumentasi. Tahap pengumpulan data dilakukan melalui validasi ahli (expert judgement) dan uji
hipotesis. Data yang dikumpulkan selanjutnya dianalisis dengan menggunakan pendekatan analisis berbasis
kuantitatif. Temuan peneliti mengindikasikan bahwa rata-rata kemampuan membaca siswa mengalami
peningkatan signifikan setelah menerapkan teknik permainan menyusun kata. Berdasarkan hasil analisis
data menunjukkan bahwa pretest memiliki skor rata-rata sebesar 69,25, sementara posttest memiliki nilai
rata-rata mengalami peningkatan menjadi 88,25. Selisih nilai ini mengindikasikan adanya peningkatan
dalam kemampuan membaca siswa. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa pemanfaatan alat permainan
menyusun kalimat mempunyai dampak yang signifikan pada kemampuan literasi dasar peserta proses
belajar siswa SD kelas II yang belajar di Sanggar Bimbingan Muhammadiyah Kepong, Malaysia.