DSpace Repository

EFEKTIVITAS STRATEGI PEMBELAJARAN DIRECT READING THINKING ACTIVITY (DRTA) TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA MUSLIM SUKSA THAILAND

Show simple item record

dc.contributor.author -, KAMALIAH
dc.date.accessioned 2025-05-24T06:11:45Z
dc.date.available 2025-05-24T06:11:45Z
dc.date.issued 2025-04-21
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/27393
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas strategi pembelajaran Direct Reading Thinking Activity (DRTA) dalam meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa di SD Muslim Suksa, Thailand. Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif dengan quasi-experimental design (desain eksperimen semu). Populasi penelitian ini berjumlah 28 siswa kelas V, dengan pengambilan sampel menggunakan teknik probability sampling. Instrumen penelitian berupa performance test, yang dilakukan sebelum (pre-test) dan setelah (post-test) perlakuan untuk mengukur keterampilan membaca siswa. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan keterampilan membaca pemahaman siswa. Rata-rata skor siswa meningkat dari 28,8 pada pre-test menjadi 44 setelah menggunakan strategi DRTA. Analisis statistik menunjukkan nilai sig.2-tailed sebesar 0,000, lebih kecil dari 0,05, sehingga Ha diterima dan Ho ditolak. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa strategi DRTA efektif dalam meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa di SD Muslim Suksa, Thailand. en_US
dc.publisher umsu en_US
dc.subject Kualitatif en_US
dc.subject Program en_US
dc.subject Organisasi en_US
dc.title EFEKTIVITAS STRATEGI PEMBELAJARAN DIRECT READING THINKING ACTIVITY (DRTA) TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA MUSLIM SUKSA THAILAND en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account