dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas strategi pembelajaran Direct Reading
Thinking Activity (DRTA) dalam meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa di SD Muslim
Suksa, Thailand. Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif dengan quasi-experimental design (desain
eksperimen semu). Populasi penelitian ini berjumlah 28 siswa kelas V, dengan pengambilan sampel
menggunakan teknik probability sampling. Instrumen penelitian berupa performance test, yang dilakukan
sebelum (pre-test) dan setelah (post-test) perlakuan untuk mengukur keterampilan membaca siswa. Hasil
penelitian menunjukkan peningkatan signifikan keterampilan membaca pemahaman siswa. Rata-rata skor
siswa meningkat dari 28,8 pada pre-test menjadi 44 setelah menggunakan strategi DRTA. Analisis statistik
menunjukkan nilai sig.2-tailed sebesar 0,000, lebih kecil dari 0,05, sehingga Ha diterima dan Ho ditolak.
Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa strategi DRTA efektif dalam meningkatkan keterampilan
membaca pemahaman siswa di SD Muslim Suksa, Thailand. |
en_US |