Abstract:
Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh media pembelajaran presentasi
interaktif dengan Lumio terhadap kemampuan mengidentifikasi teks prosedur oleh
siswa Kelas XI SMA Budistrya Medan. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif
dengan tipe eksperimen menggunakan tipe Post-test only control design. Populasi
dalam penelitian ini terdiri dari dari seluruh kelas XI sebanyak 4 kelas yang
berjumlah 137 siswa. Sampel penelitian ini terdiri dari 2 kelas yaitu kelas XI IPA
1 sebagai kelas eksperimen, dan kelas XI IPA 2 sebagai kelas kontrol, yang
dipilih melalui random sampling. Instrumen penilaian yang digunakan adalah tes
uraian yang berisi perintah untuk mengidentifikasi teks prosedur. Hasil penelitian
ini mengungkapkan bahwa penggunaan media presentasi interaktif dengan Lumio
dalam pembelajaran mengidentifikasi teks prosedur kelas XI SMA Budisatrya
Medan tahun 2024/2025, memberikan hasil yang baik dan bermanfaat bagi siswa.
Hal ini terlihat dari rata-rata nilai kelas eksperimen yang mencapai 89,43,
sementara hasil penggunaan media konvensional di kelas kontrol tidak sebaik
kelas eksperimen. Hal ini dapat dilihat dari hasil nilai rata-rata pada kelas kontrol
yaitu 64,71. Hasil pengujian hipotesis menggunakan uji-t Independent Samples
Test dengan tingkat signifikansi 0,05 menunjukkan nilai Sig (2-tailed) sebesar
0,000, yang lebih kecil dari 0,05. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa
terdapat pengaruh signifikan dalam pembelajaran identifikasi teks prosedur pada
siswa kelas XI SMA Budisatrya Medan tahun 2024/2025 dengan menggunakan
media presentasi interaktif dengan Lumio.