dc.description.abstract |
Matematika di Sekolah Dasar sering kali dianggap sebagai salah satu mata
pelajaran yang paling dihindari oleh para siswa. hal itu menyebabkan, siswa
memiliki hasil belajar yang rendah. Pembelajaran matematika bukan sekedar
menyampaikan pengetahuan yang dimiliki guru untuk siswanya itu merupakan
tahapan untuk memecahkan masalah yang lebih kompleks. Metode dalam
Penelitian ini adalah PTK. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana
penggunaan media papan pintar terhadap peningkatan keterampilan berhitung
siswa kelas II pada materi penjumlahan di sanggar Bimbingan ‘Aisyiyah Pandan
Malaysia dengan menggunakan media pembelajaran berupa Papan Pintar .
Hasilnya menunjukkan bahwa nilai rata-rata hasil belajar Matematika materi
Penjumlahan siswa pada pra siklus sebesar 41,67% dengan ketuntasan klasikal
25% berada dikatagori kurang. Sedangkan siklus I terlihat bahwa nilai rata-rata hasil tes siswa sebesar 68,67% dengan ketuntasan klasikal 66,67% yang berada pada
kategori cukup dan siklus II nilai rata-rata hasil tes siswa sebesar 88,33% dengan
ketuntasan klasikal 91,67% yang berada pada kategori sangat baik. Dengan
demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan Media Pembelajaran papan pintar
dapat meningkatkan keterampilan berhitung siswa siswa pada pembelajaran
Matematika materi Penjumlahan di sanggar bimbingan ‘Aisyiyah Pandan Malaysia.
Dengan menerapkan Penggunaan Media Pembelajaran media papan pintar di
Sanggar Bimbingan tersebut, diharapkan kualitas pembelajaran akan ditingkatkan
dan siswa dapat lebih memahami pembelajaran terutama materi penjumlahan. |
en_US |