Abstract:
Penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development) yang
menghasilkan suatu produk berupa media pembelajaran berbasis animasi Powtoon
pada mata pelajaran IPAS di kelas V Sekolah Dasar Swasta Muhammadiyah 31
Medan. Penelitian ini bertujuan untuk merancang media pembelajaran IPAS pada
materi siklus air, untuk mengkaji kepraktisan media yang dikembangkan, serta
untuk mengetahui langkah-langkah pengembangan media pembelajaran berbasis
animasi Powtoon. Model pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE
(Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation), namun dalam
penelitian ini hanya dilakukan hingga tahap Implementation. Proses
pengembangan dilakukan melalui tahapan validasi oleh ahli dan uji coba skala
kecil di lapangan. Hasil validasi menunjukkan bahwa media pembelajaran ini
mendapat penilaian dari ahli media sebesar 66%, ahli materi sebesar 93%,
sedangkan dari guru sebesar 66% dan dari siswa sebesar 89%, yang
mengindikasikan bahwa media ini layak dan praktis digunakan dalam
pembelajaran IPAS di kelas V.