Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh Media Pembelajaran
Pop Up Book terhadap Pembelajaran PKN pada siswa kelas IV SD Muhammadiyah 21.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode penelitian yang digunakan
yaitu media pembelajaran pop up book untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa.
Lokasi penelitian ini adalah SD Muhammadiyah 21, Kec. Medan Kota Medan Sumatera Utara.
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Muhammadiyah 21 sebagai kelas
eksperimen dan kelas kontrol. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penerapan
media pembelajaran Pop Up Book memberikan pengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis
siswa pada pembelajaran PKN di SD Muhammadiyah 21. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
kemampuan berpikir kritis siswa setelah diterapkan media pembelajaran Pop Up Book
menunjukkan rata-rata untuk semua indikator baik dari segi motivasi belajar maupun
kemampuan berpikir kritis siswa mengalami peningkatan yaitu pengaruh penggunaan Media Pembelajaran Pop Up Book dengan rata-rata dari kelima indikator kreativitas belajar
pada pre test sebesar 72,54 meningkat menjadi 85,69 pada post test.