DSpace Repository

Strategi Pengawasan Program Tahfidz Qur’an Dalam Peningkatan Kualitas Pembelajaran Di Rumah Tahfidz Miftahul Jannah Medan.

Show simple item record

dc.date.accessioned 2025-05-15T09:40:54Z
dc.date.available 2025-05-15T09:40:54Z
dc.date.issued 2025-04-22
dc.identifier.uri https://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/27216
dc.description.abstract Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi, kendala serta upaya pengawasan program tahfidz Qur‟an dalam peningkatan kualitas pembelajaran di Rumah Tahfidz Miftahul Jannah Medan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis studi kasus. Sumber data pada penelitian ini ialah data primer dan sekunder dengan teknik pengumpulan data wawancara, observasi dan dokumentasi. Metode penelitian menggunakan teknik analisis data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pengawasan program tahfidz yang diterapkan ialah pengawasan langsung oleh guru halaqah selama pembelajaran tahfidz berlangsung yang dilaksanakan selama empat sesi dalam satu hari. Kendala yang dihadapi pada pengawasan langsung meliputi ketergantungan santri kepada guru halaqah, tuntutan pengawasan kompleks bagi guru halaqah dan perbedaan tingkat kemampuan menghafal santri. Upaya yang dapat dilakukan untuk mengoptimalkan pengawasan program tahfidz ialah meningkatkan kemandirian santri dalam menghafal, menerapkan sistem penghargaan dan konsekuensi serta meningkatkan kesejahteraan guru halaqah. en_US
dc.publisher UMSU en_US
dc.subject Strategi Pengawasan en_US
dc.subject Program Tahfidz en_US
dc.subject Kualitas Pembelajaran en_US
dc.title Strategi Pengawasan Program Tahfidz Qur’an Dalam Peningkatan Kualitas Pembelajaran Di Rumah Tahfidz Miftahul Jannah Medan. en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account