Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi, kendala serta upaya
pengawasan program tahfidz Qur‟an dalam peningkatan kualitas pembelajaran di
Rumah Tahfidz Miftahul Jannah Medan. Penelitian ini merupakan penelitian
kualitatif dengan jenis studi kasus. Sumber data pada penelitian ini ialah data
primer dan sekunder dengan teknik pengumpulan data wawancara, observasi dan
dokumentasi. Metode penelitian menggunakan teknik analisis data dan penarikan
kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pengawasan program
tahfidz yang diterapkan ialah pengawasan langsung oleh guru halaqah selama
pembelajaran tahfidz berlangsung yang dilaksanakan selama empat sesi dalam
satu hari. Kendala yang dihadapi pada pengawasan langsung meliputi
ketergantungan santri kepada guru halaqah, tuntutan pengawasan kompleks bagi
guru halaqah dan perbedaan tingkat kemampuan menghafal santri. Upaya yang
dapat dilakukan untuk mengoptimalkan pengawasan program tahfidz ialah
meningkatkan kemandirian santri dalam menghafal, menerapkan sistem
penghargaan dan konsekuensi serta meningkatkan kesejahteraan guru halaqah.