Abstract:
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya motivasi belajar siswa, guru kurang
menerapkan media pembelajaran yang dapat menarik perhatian siswa, guru hanya
menerapkan metode ceramah atau hanya berpatokan dengan buku siswa. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui motivasi belajar siswa pada kelas V di SDS
Muhammadiyah 21 Medan. Metode penelitian ini adalah metode kuantitatif. Populasi
dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDS Muhammadiyah 21 Medan. Variabel
bebas dalam penelitian ini adalah media pembelajaran interaktif sedangkan variable
terikatnya adalah motivasi belajar siswa. Tehnik analasis data dalam penelitian ini
menggunakan 6 uji yaitu uji validitas, uji realibitas, uji normalitas, uji homogenitas, uji
statistic dan terakhir uji hipotesis. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini adalah uji T
. Pengujian hipotesis menggunakan Paired sampel T-Test yang didahului oleh beberapa
uji sebelumnya. Menurut hasil uji t (Independent Samples Test) yang dilaksanakan pada
media pembelajaran interaktif (X) dan motivasi belajar (Y) menunjukkan nilai
signifikansi (2-tailed) sebesar 0,000, yang lebih rendah dari 0,05. Oleh karena itu, dapat
disimpulkan bahwa hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis nol (Ho) ditolak.
Dengan demikian, terdapat dampak dari penggunaan media pembelajaran interaktif
terhadap motivasi belajar IPAS siswa kelas V SDS Muhammadiyah 21 Medan.