DSpace Repository

Pengaruh Model Project Based Learning (PjBL) Terhadap Keaktifan Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPAS di Kelas IV SD Negeri 025281 Binjai.

Show simple item record

dc.date.accessioned 2025-05-14T09:23:28Z
dc.date.available 2025-05-14T09:23:28Z
dc.date.issued 2025-04-17
dc.identifier.uri https://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/27179
dc.description.abstract Penelitian ini dilakukan karena adanya permasalahan mengenai kurangnya keaktifan belajar siswa pada pembelajaran IPAS dan model pembelajaran yang digunakan guru belum menarik dan menyenangkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keaktifan belajar siswa pada pembelajaran IPAS di kelas kontrol tanpa penerapan model Project Based Learning (PjBL), untuk mengetahui keaktifan belajar siswa pada pembelajaran IPAS di kelas eksperimen dengan penerapan model Project Based Learning (PjBL), dan untuk mengetahui pengaruh model Project Based Learning (PjBL) terhadap keaktifan belajar siswa pada pembelajaran IPAS di kelas IV SD Negeri 025281 Binjai. Adapun jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 60 siswa yang terdiri dari 30 siswa kelas IV-A dan 30 siswa kelas IV-B. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan sampling jenuh, dimana seluruh anggota populasi digunakan sebagai sampel penelitian. Instrument penelitian yang digunakan adalah lembar observasi keaktifan belajar siswa. Variabel bebas pada penelitian ini adalah model Project Based Learning (PjBL) dan variabel terikat dalam penelitian ini adalah keaktifan belajar siswa. Pengujian hipotesis yang dilakukan dalam penelitian ini dengan menggunakan Independet Sample T-test. Hasil Penelitian yang diperoleh adalah 1) Keaktifan belajar siswa pada pembelajaran IPAS di kelas kontrol tanpa penerapan model Project Based Learning (PjBL) di kelas IV SD Negeri 025281 Binjai memperoleh nilai rata-rata yaitu sebesar 77,06. 2) Keaktifan belajar siswa pada pembelajaran IPAS di kelas eksperimen dengan penerapan model Project Based Learning (PjBL) di kelas IV SD Negeri 025281 Binjai memperoleh nilai rata-rata yaitu sebesar 88,20. 3) Uji Independent Sample T-test memperoleh nilai signifikansi 0,000 < 0,05 artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara model PjBL terhadap keaktifan belajar siswa pada pembelajaran IPAS di kelas IV SD Negeri 025281 Binjai. en_US
dc.publisher UMSU en_US
dc.subject Model Project Based Learning en_US
dc.subject Keaktifan Belajar en_US
dc.subject Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial en_US
dc.title Pengaruh Model Project Based Learning (PjBL) Terhadap Keaktifan Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPAS di Kelas IV SD Negeri 025281 Binjai. en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account