Abstract:
Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh model Project Based Learning
terhadap kemampuan menulis teks persuasif oleh siswa kelas VIII SMP Swasta
Darussalam Tahun Pembelajaran 2022/2023. Jenis model penelitian ini adalah
kuantitatif dengan tipe eksperimen. Penelitian ini menggunakan tipe Postest Only
Control Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VIII sebanyak
4 kelas yang berjumlah 124 siswa. Sampel penelitian ini terdiri dri 2 kelas yaitu
kelas VIII 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII- 2 sebagai kelas kontrol
yang menggunakan teknik random sampling. Instrumen yang digunakan adalah
tes essai yang berisi 2 soal yaitu struktur dan kaidah kebahasaan teks persuasif.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan menulis teks persuasif oleh
siswa kelas VIII SMP Swasta Darussalam Medan Tahun Pembelajaran 2022/2023
dengan model Project Based Learning berada pada kategori sangat baik karena
memperoleh rata-rata 84,64 sedangkan kemampuan menulis teks persuasif dengan
metode konvensional berada pada kategori kurang baik karena memperoleh rata rata 50,25. Berdasarkan hasil uji t yang dilakukan, yaitu dengan membandingkan
thitung dengan ttabel telah diperoleh thitung > ttabel 36,507 > 1,6706, maka dapat
disimpulkan bahwa ada pengaruh model Project Based Learning terhadap
kemampuan menulis teks persuasif oleh siswa kelas VIII SMP Swasta Darussalam
Medan Tahun Pembelajaran 2022/2023.