DSpace Repository

PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS PERSUASIF PADA SISWA KELAS VIII SMP SWASTA DARUSSALAM MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2022/2023

Show simple item record

dc.contributor.author Adelina, Aziza Kamelia
dc.date.accessioned 2025-05-14T04:23:29Z
dc.date.available 2025-05-14T04:23:29Z
dc.date.issued 2025-02-13
dc.identifier.uri https://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/27159
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh model Project Based Learning terhadap kemampuan menulis teks persuasif oleh siswa kelas VIII SMP Swasta Darussalam Tahun Pembelajaran 2022/2023. Jenis model penelitian ini adalah kuantitatif dengan tipe eksperimen. Penelitian ini menggunakan tipe Postest Only Control Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VIII sebanyak 4 kelas yang berjumlah 124 siswa. Sampel penelitian ini terdiri dri 2 kelas yaitu kelas VIII 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII- 2 sebagai kelas kontrol yang menggunakan teknik random sampling. Instrumen yang digunakan adalah tes essai yang berisi 2 soal yaitu struktur dan kaidah kebahasaan teks persuasif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan menulis teks persuasif oleh siswa kelas VIII SMP Swasta Darussalam Medan Tahun Pembelajaran 2022/2023 dengan model Project Based Learning berada pada kategori sangat baik karena memperoleh rata-rata 84,64 sedangkan kemampuan menulis teks persuasif dengan metode konvensional berada pada kategori kurang baik karena memperoleh rata rata 50,25. Berdasarkan hasil uji t yang dilakukan, yaitu dengan membandingkan thitung dengan ttabel telah diperoleh thitung > ttabel 36,507 > 1,6706, maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model Project Based Learning terhadap kemampuan menulis teks persuasif oleh siswa kelas VIII SMP Swasta Darussalam Medan Tahun Pembelajaran 2022/2023. en_US
dc.publisher umsu en_US
dc.subject Model Project Based Learning en_US
dc.subject Kemampuan Menulis en_US
dc.subject Teks Persuasif en_US
dc.title PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS PERSUASIF PADA SISWA KELAS VIII SMP SWASTA DARUSSALAM MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2022/2023 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account