DSpace Repository

Pemanfaatan metode Wahdah dalam peningkatan kuaitas program tahfidz di SMP Muhammadiyah 7 Medan

Show simple item record

dc.contributor.author Anggraini, Diyah
dc.date.accessioned 2025-05-05T10:01:53Z
dc.date.available 2025-05-05T10:01:53Z
dc.date.issued 2025-02-20
dc.identifier.uri https://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/27020
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemanfaatan metode Wahdah dalam peningkatan kualitas program tahfidz di SMP Muhammadiyah 7 Medan. Metode Wahdah merupakan pendekatan inovatif yang mengintegrasikan teknik pengajaran yang sistematis dan kolaboratif dalam pembelajaran Al-Qur'an. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi yang melibatkan santri, pengajar, dan pihak manajemen sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode Wahdah berhasil meningkatkan kemampuan hafalan santri secara signifikan. Santri tidak hanya dapat menghafal ayat-ayat Al-Qur'an dengan baik, tetapi juga menunjukkan pemahaman yang lebih mendalam tentang makna dan tafsir ayat. Selain itu, metode ini juga berhasil meningkatkan motivasi dan keterlibatan santri dalam proses pembelajaran, serta pengembangan karakter yang sejalan dengan ajaran Al-Qur'an. Berdasarkan temuan tersebut, disarankan agar SMP Muhammadiyah 7 Medan terus mengembangkan dan menerapkan metode Wahdah, serta melibatkan orang tua dalam mendukung proses pembelajaran di rumah. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi peningkatan kualitas program tahfidz di sekolah sekolah lain. Kata kunci: Metode Wahdah, program tahfidz, kualitas pembelajaran, SMP Muhammadiyah 7 Medan. en_US
dc.publisher UMSU en_US
dc.subject Metode Wahdah en_US
dc.subject program tahfidz en_US
dc.subject kualitas pembelajaran en_US
dc.subject SMP Muhammadiyah 7 Medan. en_US
dc.title Pemanfaatan metode Wahdah dalam peningkatan kuaitas program tahfidz di SMP Muhammadiyah 7 Medan en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account