Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPAS.
melalui pendekatan pembelajaran berbasis proyek di kelas V SDN 104215
Sudirejo. dengan menerapkan metode pembelajaran berbasis proyek. Penelitian
ini merupakan investigasi terhadap Tindakan kelas (PTK). Penelitian ini
merupakan penelitian II Siklus, Subjek penelitiannya adalah 9 Laki-laki dan 16
Perempuan, siswa-siswa tersebut berasal dari sekolah V SDN 104215 Sudirejo.
Lembar observasi dan Tes merupakan instrumen penelitian yang digunakan dalam
penelitian ini. Deskriptif Kuantitatif merupakan teknik analisis yang digunakan.
Temuan penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar IPAS.
Menggunakan metode pembelajaran berbasis proyek.Peningkatan Hasil belajar
dapat di lihat dari data perolehan nilai siklus I dan siklus II.Pada siklus I terdapat
nilai rata-rata 66,00% nilai terendah 50 dan nilai tertinggi 100. Dari 25 siswa yang
mengikuti tes siklus I , terdapat siswa mencapai nilai KKM 8 dan 17 siswa belum
mencapai nilai KKM, dengan presentase ketuntasan 32,00%. Pada siklus II nilai
rata-rata sebesar 81, nilai terendah 50, nilai tertinggi 100, mengalami peningkatan
yang menunjukkan 21 siswa telah mencapai nilai KKM, dan 4 siswa belum
mencapai nilai KKM, dengan presentase ketuntasan 84,00%.