dc.description.abstract |
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar matematika siswa, ini
disebabkan oleh kesulitan siswa dalam memahami konsep penjumlah. Rumusan
masalah dalam penelitian ini adalah apakah media papan musi dapat
meningkatkan hasil belajar siswa kelas II SD Negeri 004 Bukit Datuk. Tujuan
penelitian ini adalah untuk melihat adakah peningkatan hasil belajar siswa melalui
media pembelajaran papan musi. Lokasi penelitian dilaksanakan di SD Negeri
004 Bukit Datuk pada 12 agustus 2024. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan
pada siswa kelas II yang berjumlah 21 siswa dan objek dalam penelitian ini adalah
peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan media pembelajaran papan
musi pada materi penjumlahan dua bilangan di SD Negeri 004 Bukit Datuk.
Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi aktivitas
guru, lembar observasi aktivitas siswa dan lembar tes. Model penelitian tindakan
kelas ini menggunakan model penelitian Suharsimi Arikunto 2015 pada penelitian
ini hanya menggunakan dua siklus. Hasil belajar siswa pada siklus I siswa tuntas
sebanyak 15 siswa (71,42%) dan terjadi peningkatan 23,81 % pada pelaksanaan
siklus II dengan siswa tuntas menjadi 20 siswa (95,23%). Hasil perolehan siklus I
pada aktivitas siswa, siswa dengan kategori penilaian baik sekali sebanyak 6 siswa
(28,57%), baik 6 siswa (28,57%), pada pelaksanaan siklus II terjadi peningkatan
pada aktivitas siswa yaitu 28,56% sehingga siswa yang mendapat kategori baik
sekali sebanyak 9 siswa (85,7%), baik sebanyak 9 siswa (85,7%). Hasil perolehan
pada aktivitas guru pada siklus I adalah 72,91 belum memenuhi kriteria sehingga
dilakukan siklus II dan mengalami peningkatan sebanyak 12,5 sehingga pada
siklus II memperoleh nilai 85,41 dengan kategori baik |
en_US |