Abstract:
Tujuan dari penelitian ini, yaitu untuk mengetahui bagaimana penggunaan dari
media booklet mempengaruhi hasil dari belajar pada siswa kelas empat sekolah
dasar di Sanggar Belajar Pandan Malaysia pada materi metamorfosis. Penelitian ini
memiliki latar belakang rendahnya pemahaman siswa dalam memahami materi
metamorfosis, yang diduga disebabkan oleh kurangnya daya tarik dan keragaman
media pembelajaran. Eksperimen kuantitatif adalah metode penelitian yang
digunakan, dengan 16 siswa sebagai populasi dan sampel. Pre-test dan post-test
yang terdiri dari pertanyaan pilihan ganda berfungsi sebagai instrumen. Nilai rata-
rata pre-test siswa adalah 50,9, menurut temuan analisis, sementara nilai post-test
mereka meningkat menjadi 75,18. Nilai p-value memiliki nilai 0,000 didapat dari
hasil pengujian uji hipotesis menggunakan uji sampel berpasangan, yang memvalidasi bahwa media booklet memiliki dampak cukup besar pada hasil dari
belajar siswa. Penelitian ini memberikan saran untuk penggunaan bahan
pembelajaran mutakhir dalam proses pengajaran sains di tingkat sekolah dasar
selain menyimpulkan bahwa media booklet efektif meningkatkan pemahaman siswa
tentang materi metamorfosis. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat
berkontribusi dalam penyediaan dan pengembangan materi pembelajaran yang
lebih relevan, menarik, serta sesuati dengan kebutuhan siswa.