Abstract:
Pendidikan merupakan aspek penting dalam kehidupan manusia yang mempengaruhi
cara berpikir dan langkah ke depan. Namun, di Indonesia, kualitas pendidikan masih
menjadi tantangan yang perlu diatasi. Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan
media pembelajaran berbasis gamification menggunakan platform Quizalize, yang
diharapkan dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Pendekatan
penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Dimana
dalam penelitian ini dirancang suatu tes pilihan berganda yang dikemas dalam sebuah
web gamification berbasis quizalize untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis
siswa yang kemudian dilakukan uji validitas dan reliabilitas. Penelitian ini
dilaksanakan di kelas di kelas 3 Sanggar Belajar Pandan, Malaysia. Hasil penelitian ini
menunjukkan pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis siswa.
Hal ini dibuktikan dengan nilai t_hitung sebesar 3,579 > t_tabel (0,632), serta nilai
signifikansi 0,002 < 0,05. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan
gamification berbasis quizalize berkontribusi dalam meningkatkan kemampuan
berpikir kritis siswa