DSpace Repository

Peran Guru Bahasa Arab Dalam Mengembangkan Kemampuan Membaca Teks Bahasa Arab Peserta Didik di SMP Muhammadiyah 62 Tanjung Gusta

Show simple item record

dc.contributor.author Manja, Ahyu
dc.date.accessioned 2025-05-02T04:39:02Z
dc.date.available 2025-05-02T04:39:02Z
dc.date.issued 2025-03-22
dc.identifier.uri https://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/26969
dc.description.abstract Kemampuan membaca teks berbahasa Arab merupakan keterampilan dasar yang penting dalam pembelajaran Bahasa Arab. Guru memiliki peran strategis dalam mengembangkan kemampuan ini melalui berbagai metode, strategi, dan pendekatan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran guru Bahasa Arab dalam meningkatkan kemampuan membaca teks peserta didik, baik dari segi penggunaan metode pembelajaran, media, maupun strategi yang diterapkan di kelas. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan teknik peng umpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru memiliki peran sebagai fasilitator, motivator, dan evaluator dalam proses pembelajaran membaca teks berbahasa Arab. Penggunaan metode seperti qira’ah, talaqqi, dan strategi pemahaman teks berbasis konteks sangat berkontribusi dalam meningkatkan keterampilan membaca peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian mengenai peran guru bahasa Arab dalam mengembangkan kemampuan membaca teks bahasa Arab peserta didik, dapat disimpulkan bahwa guru memiliki peran yang sangat penting dalam meningkatkan keterampilan membaca siswa. Peran tersebut mencakup berbagai aspek, seperti perencanaan pembelajaran, penerapan strategi yang sesuai, serta evaluasi terhadap kemampuan membaca peserta didik en_US
dc.publisher umsu en_US
dc.subject Peran Guru en_US
dc.subject Bahasa Arab en_US
dc.subject Kemampuan Membaca en_US
dc.title Peran Guru Bahasa Arab Dalam Mengembangkan Kemampuan Membaca Teks Bahasa Arab Peserta Didik di SMP Muhammadiyah 62 Tanjung Gusta en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account