Abstract:
Kemampuan membaca teks berbahasa Arab merupakan keterampilan dasar
yang penting dalam pembelajaran Bahasa Arab. Guru memiliki peran strategis
dalam mengembangkan kemampuan ini melalui berbagai metode, strategi, dan
pendekatan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran guru
Bahasa Arab dalam meningkatkan kemampuan membaca teks peserta didik, baik
dari segi penggunaan metode pembelajaran, media, maupun strategi yang
diterapkan di kelas. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan
kualitatif dengan teknik peng umpulan data melalui observasi, wawancara, dan
dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru memiliki peran sebagai
fasilitator, motivator, dan evaluator dalam proses pembelajaran membaca teks
berbahasa Arab. Penggunaan metode seperti qira’ah, talaqqi, dan strategi
pemahaman teks berbasis konteks sangat berkontribusi dalam meningkatkan
keterampilan membaca peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian mengenai
peran guru bahasa Arab dalam mengembangkan kemampuan membaca teks
bahasa Arab peserta didik, dapat disimpulkan bahwa guru memiliki peran yang
sangat penting dalam meningkatkan keterampilan membaca siswa. Peran tersebut
mencakup berbagai aspek, seperti perencanaan pembelajaran, penerapan strategi
yang sesuai, serta evaluasi terhadap kemampuan membaca peserta didik