dc.description.abstract |
Pada penelitian ini meliputi penggunaan media pembelajaran Powtoon
dalam kegiatan pembelajaran di dalam kelas. Penelitian ini bertujuan untuk
mengembangkan media pembelajaran animasi powtoon berbasis kearifan lokal
untuk materi tematik serta mampu menjadikan peserta didik lebih memahami
kearifan lokal, dan tercapainya tujuan pembelajaran dikelas V SDN Pasar panjang
Makmur. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan atau Research &
Development (R&D) mengadopsi model pengembangan ADDIE (Analysis,
Design, Development, Implementation, Evalution) karena sistematika model ini
sederhana, sehingga sesuai dengan karakteristik pembelajaran tematik dan biasanya
digunakan untuk mengembangkan bahan ajar pada pembelajaran di ranah kognitif,
efektif dan psikomotorik yang sesuai dengan kurikulum K-13. Instrumen yang
digunakan dalam penelitian ini yaitu Instrumen Validasi Ahli Materi, Instrumen
Validasi Ahli Media, Instrumen Validasi Ahli Bahasa, Serta Angket Respon Guru
Dan Angket Respon Siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media animasi
Powtoon berbasis kearifan lokal pada pembelajaran tematik khususnya Materi
Keberagaman Sosial Budaya Masyarakat Yang Di Kaitkan Dengan Kota
Subulussalam dinyatakan valid dan praktis. Tingkat kevalidan dan kepraktisan
media animasi Powtoon berbasis kearifan lokal dilihat berdasarkan pada penilaian
oleh Validator Media diperoleh nilai ―86,6% dengan kriteria ―Sangat Valid‖,
Validator Materi ―97,6% dengan kriteria ―Sangat Valid‖, Validator Bahasa
―76,3% dengan kriteria ―Valid‖, penilaian kepraktisan oleh Guru 92% dengan
kriteria ―Sangat Valid‖, dan penilaian kepraktisan Siswa 95,5% dengan kriteria
―Sangat Valid‖, yang artinya media ―Layak‖ untuk digunakan dalam proses
belajar mengajar. |
en_US |