Abstract:
Riset ini dimaksudkan agar meninjau pengaruh Metode Takrir Terhadap
Peningkatan Hafalan Siswa Pada Pelajaran Al-Qur‘an Hadits‖ . Setiap Siswa di
dalam kelas diberikan lembar angket agar melihat kegiatan dan respon peserta
didik atas pelajaran. Riset ini diselenggarakan di MAS PAB 1 Sampali‘ di kelas
XII dengan total 28 anak. Riset ini tergolong kuantitatif yakni memanfaatkan one
group pretest posttest design. Melalui hasil riset didapatkan nilai rerata pretest
yaitu 38 % serta rata-rata nilai posttest 95 %. Hasil uji hipotesis yaitu t hitung
sebesar 0.000 serta nilai t pada signifikan ɑ = 0,05 Sehingga t-hitung (0.00) < t tabel (0.05). Sehingga, bisa diterima dengan artian adanya pengaruh metode takrir
pada peningkatan hafalan anak pada pembelajaran Al-Quran hadist kelas XII di
MAS PAB 1 Sampali Medan.