DSpace Repository

Pelindungan Hukum Bagi Konsumen Atas Ketidaksesuaian Barang Dalam Transaksi Jual Beli Online Sistem Cash on Delivery (COD) Melalui Platform Shopee

Show simple item record

dc.contributor.author Akbar, Al Hasbi
dc.date.accessioned 2025-04-25T09:17:24Z
dc.date.available 2025-04-25T09:17:24Z
dc.date.issued 2025-04-16
dc.identifier.uri https://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/26915
dc.description.abstract Perkembangan teknologi digital telah mendorong pertumbuhan transaksi jual beli online, salah satunya adalah dalam transaksi jual beli online sistem Cash on Delivery (COD) di platform Shopee. Sistem pembayaran ini menawarkan kemudahan bagi konsumen dengan memungkinkan pembayaran dilakukan setelah barang diterima. Namun, tidak jarang terjadi ketidaksesuaian antara barang yang dipesan dan barang yang diterima contohnya seperti buku, ukuran baju dan lain lain, sehingga menimbulkan permasalahan bagi konsumen. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hak dan kewajiban para pihak dalam transaksi jual beli online sistem Cash on Delivery (COD) menurut hukum positif, untuk mengetahui tanggung jawab pelaku usaha jika terjadi ketidaksesuaian barang dalam transaksi jual beli online sistem Cash on Delivery (COD) melalui platform Shopee, dan untuk mengetahui upaya penyelesaian hukum yang dapat dilakukan oleh konsumen jika terjadi ketidaksesuaian barang dalam transaksi jual beli online sistem Cash on Delivery (COD) melalui platform Shopee. Jenis Penelitian ini merupakan penelitian (yuridis empiris) dengan pendekatan perundang-undangan (Statue Approach) dan memperoleh melalui data primer dengan cara melakukan wawancara dan data sekunder dengan cara mengolah data dari bahan hukum primer, bahan sekunder dan bahan hukum tersier. Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan beberapa konsumen yang mengalami kendala dalam mengajukan klaim dan pengembalian barang meskipun Undang undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen telah menjamin hak hak konsumen. Tanggung jawab pelaku usaha sering kali tidak jelas, sehingga konsumen harus menempuh pengaduan ke pihak Shopee, mediasi melalui Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen (BPSK), atau jalur hukum untuk mendapatkan penyelesaian. en_US
dc.publisher UMSU en_US
dc.subject Transaksi jual beli online en_US
dc.subject Cash on Delivery (COD) en_US
dc.subject Ketidaksesuaian barang en_US
dc.subject Perlindungan konsumen en_US
dc.subject Penyelesaian hukum en_US
dc.title Pelindungan Hukum Bagi Konsumen Atas Ketidaksesuaian Barang Dalam Transaksi Jual Beli Online Sistem Cash on Delivery (COD) Melalui Platform Shopee en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account