Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan hasil
belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi sebelum dan sesudah menggunakan
media pembelajaran brosur. Sampel yang digunakan mencakup seluruh siswa
kelas X Akuntansi, yang berjumlah 28 siswa. Desain penelitian yang digunakan
adalah "One Group Pretest-Post test Design" di mana terdapat pengukuran di
awal (pre-test) sebelum diberikan perlakuan sehingga hasil perlakuan (treatment)
dapat diperoleh, dan setelah itu dilakukan pengukuran kembali (post-test) untuk
mengetahui hasil yang lebih akurat. Penggunaan media brosur sebagai alat bantu
pembelajaran Akuntansi di SMK Swasta Prama Artha menunjukkan peningkatan
signifikan pada hasil belajar siswa. Dari hasil regresi sederhana, diperoleh nilai
signifikansi sebesar 9,454, yang lebih besar dari t Tabel 1,706 pada tingkat alfa 5%
(0,05). Sehingga menolak Ho, maka kesimpulannya terdapat perbedaan pengaruh
penggunaan media pembelajaran brosur terhadap hasil belajar siswa.