Abstract:
Disrupsi digital menjadi frasa yang populer saat ini dan membuat media
cetak harus benar-benar menyusun strategi, khususnya dalam penentuan headline
berita sebagai sajian utama. Penelitian ini bertujuan menganalisis strategi Redaksi
Harian Sumut Pos dan Tribun Medan dalam menentukan isu pemberitaan yang
akan dijadikan headline, sehingga menarik minat pembaca dan mendeskripsikan
komponen dan proses penentuan berita headline koran Sumut Pos dan Tribun
Medan. Objek dalam penelitian ini adalah koran Sumut Pos dan Tribun Medan
yang bentuk pemberitaan disajikan secara cetak. Peneliti mengambil tiga berita di
masing-masing media dari rentang waktu bulan Mei-Juni 2024. Rentang waktu ini
dipilih, untuk menunjukkan proses seleksi headline berita yang diterbitkan dengan
dilengkapi jumlah oplah masing-masing edisi. Teori yang dipakai adalah konsep
gatekeeping David Mannining White, yang secara umum untuk menggambarkan
proses seleksi dalam pekerjaan media, terutama keputusan apakah sebuah berita
bisa melewati "gerbang" sehingga bisa ditayangkan dalam chanel berita. Metode
yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan interpretatif, dan
teknik studi komparatif. Hasil penelitian, kedua media ini melakukan proses yang
sama, mulai dari perencanaan pada rapat proyeksi, ditentukan melalui rapat
budget, dan berita yang disepakati oleh para gatekeeperlah yang dianggap layak
naik dan menjadi headline dengan mengedepankan nilai berita yang terkandung di
dalamnya. Berita atau isu yang berkembang di media online dan media sosial atau
newmedia juga menjadi acuan bagi kedua media tersebut, namun dengan
penyajian yang lebih mendalam dan sudut pandang (angle) berbeda.