Abstract:
Akibat meningkatnya industri pernikahan yang ada di Sumatera membuat wedding
organizer menghadapi permasalahan mempertahanankan citra wedding organizer
dan bagaimana strategi komunikasi pemasaran. Tujuan dari penelitian ini untuk
mengetahui bagaimana strategi komunikasi pemasaran digital di Hastana DPW
SUMUT dalam meningkatkan citra dan penjualan Wedding Organizer. Jenis
penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang
bersifat deskriptif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kegiatan strategi
komunikasi pemasaran digital di Hastana DPW SUMUT untuk meningkatkan citra
dan penjualan dengan sangat baik terlihat dari para anggota yang ada di Hastana
DPW SUMUT yang sudah memiliki uji kompetensi lewat pelatihan, dan sudah
tersertifikasi. Selain itu setiap anggota wedding organizer yang tergabung di
HASTANA harus berjalan usahanya minimum 4 tahun, dan sudah memiliki ilmu
digital marketing untuk mempromosikan wedding organizer yang dimilikinya.