DSpace Repository

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INVESTIGASI KELOMPOK TERHADAP KEMAMPUAN MENCERITAKAN KEMBALI CERITA LEGENDA PADA SISWA KELAS VII SMP BUDI SATRYA MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2022/2023

Show simple item record

dc.contributor.author SAPUTRA, MUHAMMAD
dc.date.accessioned 2024-12-02T02:49:14Z
dc.date.available 2024-12-02T02:49:14Z
dc.date.issued 2024-07-29
dc.identifier.uri https://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/26571
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran investigasi kelompok terhadap kemampuan menceritakan kembali teks legenda pada siswa kelas VII SMP Budisatrya Medan tahun pembelajaran 2022/2023. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VII SMP Budisatrya yang terdiri dari kelas VII-1 dan VII-2 yang berjumlah 60 siswa dengan kelas eksperimen yaitu kelas VII-1yang berjumlah 30 siswa dan kelas kontrol yaitu kelas VII-2 yang berjumlah 30 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain postest only control design dengan instrumen tes esai. Hasil dari penelitian ini diperoleh rata-rata nilai sebesar 79,37 yang berada pada kategori sangat baik dengan menggunakan model pembelajaran investigasi kelompok dengan rincian siswa memperoleh nilai 76-100 sebanyak 15 orang (50%), dan yang siswa memperoleh nilai 51-75 sebanyak 15 orang (50%) oleh siswa kelas eksperimen. Nilai rata-rata sebesar 52,5 berada pada kategori baik yang diajarkan tanpa menggunakan model pembelajaran investigasi kelompok dengan rincian nilai 51-75 sebanyak 14 orang (46,6%), nilai 26-50 sebanyak 16 orang (53,31%) oleh siswa kelas kontrol. Hasil uji hipotesis diperoleh 𝑡β„Ži𝑡𝑢𝑛g = 6,272 selanjutnya harga 𝑡β„Ži𝑡𝑢𝑛g ini dibandingkan dengan taraf signifikan Ξ±= 5 % dengan Db= 𝑛1 + 𝑛2 -2 = 58 maka diperoleh 𝑡𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 = 1,672. Demikian dapat diketahui 𝑡β„Ži𝑡𝑢𝑛g > 𝑡𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 yaitu 9,139 > 1,672 maka 𝐻𝑎 diterima dengan hipotesis ada pengaruh model pembelajaran investigasi kelompok terhadap kemampuan menceritakan kembali teks legenda pada siswa kelas VII SMP Budisatrya Medan tahun pembelajaran 2022/2023. en_US
dc.publisher umsu en_US
dc.subject Model pembelajaran investigasi kelompok en_US
dc.subject menceritakan kembali en_US
dc.subject Teks Legend en_US
dc.title PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INVESTIGASI KELOMPOK TERHADAP KEMAMPUAN MENCERITAKAN KEMBALI CERITA LEGENDA PADA SISWA KELAS VII SMP BUDI SATRYA MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2022/2023 en_US
dc.type Thesis en_US
ο»Ώ

Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account