dc.description.abstract |
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar disebabkan oleh
beberapa hal, salah satunya guru sebagai pendidik kurang kreatif dalam
memvariasikan model pembelajaran dan kurang memanfaatkan media
pembelajaran sehingga membuat pembelajaran terkesan membosankan. Tujuan
penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan model Contextual Teaching and
Learning di kelas III, Mengetahui kemampuan berhitung perkalian kelas III dan
untuk mengetahui Pengaruh model Contextual Teaching and Learning Terhadap
Kemampuan Menghitung Perkalian pada Mata Pelajaran Matematika di Kelas III
MIS Mutiara Sunggal T.A 2023/2024. Berdasarkan hasil penelitian yang telah
dilakukan oleh peneliti menarik kesimpulan hasil penelitian sebagai berikut yaitu
Aktivitas siswa kelas III MIS Mutiara dalam pembelajaran matematika pada
pokok bahasan operasi hitung perkalian dengan menggunakan model
pembelajaran CTL mengalami peningkatan Aktivitas belajar siswa terlihat hampir
seluruh siswa terrlihat aktif dan berantusias dalam pembelajaran. Kemampuan
menghitung perkalian kelas III MIS Mutiara pada kedua kelas sangat berbeda.
Hasil postest yang diperoleh pada kelas eksperimen yakni memperoleh jumlah
skor 2.280 dengan rata – rata nilai 84.4 . sedangkan pada kelas kontrol
memperoleh hasil dengan jumlah total skor 1.805 dengan rata –rata nilai 72.2.
Terdapat Pengaruh model pembelajaran Contextual Teaching And Learning
(CTL) terhadap Kemampuan menghitung perkalian di kelas III dengan hasil uji t
menggunakan SPSS 20 pada pengujian Paired Sample T Test perhitungannya
diperoleh berdasarkan uji statistik t pada data postest yang telah dilakukan di
kedua kelas, yakni kelas eksperimen kelas III A dan Kelas Kontrol di kelas III B
diperoleh bahwa H0 ditolak dan dan Ha diterima dengan nilai signifikansi (2-
tailed) adalah 0.000 (p < 0.05). Sehingga hasil test awal dan test akhir mengalami
perubahan yang signifikan. Adapun hasil dari Uji Determinasi besarnya pengaruh
model Contextual Teaching and Learning yaitu sebesar 18%, sisanya sebanyak 82
% dipengaruhi oleh faktor lain seperti pendekatan,strategi, media dan model
pembelaajaran lain yang dapat mempengaruhi kemampuan menghitung perkalian
siswa. |
en_US |