DSpace Repository

PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN PADA SISWA KELAS IV SD MUHAMMADIYAH 19 MEDAN DENAI

Show simple item record

dc.contributor.author NURSAFITRI, RANI
dc.date.accessioned 2024-11-21T04:45:02Z
dc.date.available 2024-11-21T04:45:02Z
dc.date.issued 2024-10-29
dc.identifier.uri https://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/26490
dc.description.abstract Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan di kelas, siswa masih belum fokus dalam proses pembelajaran dikarenakan kurangnya guru dalam menggunakan model pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Reciprocal Teaching terhadap keterampilan membaca pemahaman siswa pada pembelajaran bahasa Indonesia di kelas IV SD Muhammadiyah 19 Medan Denai yang. Penelitian inmenggunakan jenis penelitian Quasy Experiment. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SD Muhammadiyah 19 Medan Denai yang berjumlah 44 siswa. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas IV B yang berjumlah 24 siswa. Instrument dalam penelitian ini menggunakan lembar observasi. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran Reciprocal Teaching pada pembelajaran bahasa Indonesia terhadap keterampilan membaca pemahaman siswa kelas IV SD Muhammadiyah 19 Medan Denai berpengaruh terhadap keterampilan membaca pemahaman siswa, karena pada hasil uji t (independent t-test) diperoleh signifikansi sebesar 0,009 yang mana 0,009 < 0,05. Hal ini menyatakan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Dari pengujian dapat disimpulkan bahwa Model Pembelajaran Reciprocal Teaching berpengaruh signifikan terhadap Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Kelas IV SD Muhammadiyah 19 Medan Denai. en_US
dc.publisher umsu en_US
dc.subject Keterampilan Membaca Pemahaman en_US
dc.subject Model Pembelajaran Reciprocal Teaching en_US
dc.title PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN PADA SISWA KELAS IV SD MUHAMMADIYAH 19 MEDAN DENAI en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account