dc.description.abstract |
Keterampilan sosial SD Negeri 067253 pada pembelajaran IPAS masih terbilang
rendah, dikarenakan banya siswa yang kurang aktif selama pembelajaran sehingga
sulit untuk memahami materi yang disampaikan oleh guru. Selain itu guru juga
tidak menggunakan media pembelajaran yang menarik dan terbaru, sehingga
siswa merasa bosan dan kurang memperhatikan guru saat proses pembelajaran
berlangsung, terutama pada pada pelajaran IPAS di SD Negeri 067253. Terdapat
alternatif untuk permasalahan diatas yang diterapkan untuk meningkatkan
keterampilan sosial pada siswa kelas V SD Negeri 067253 yaitu dengan
menggunakan media pembelajaran video animasi. Oleh karena itu peneliti
melakukan penelitian menggukan media tersebut dan memperoleh hasil penelitian
mengungkapkan bahwa penerapan media video animasi pada kelas V SD negeri
067253 berhasil meningkatkan keterampilan sosial siswa dengan dibuktikan
berdasarkan hasil uji analisis paired sample t-test, hasil dari sebelum dan sesudah
digunakan media video animasi terhadap keterampilan sosial siswa memiliki nilai
sig. 0.00 ≤ α 0.05”, maka Ho ditolak. Artinya ada pengaruh penggunaan media
video animasi terhadap keterampilan sosial pembelajaran IPAS di kelas V SD
Negeri 067253 Medan Deli. |
en_US |