Abstract:
Penelitian ini bertuujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran project
based learning terhadap kemampuan menulis cerita pendek pada siswa kelas XI
SMA Negeri 9 Medan tahun ajaran 2023/2024. Populasi penelitian ini adalah
seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 9 Medan. Sampel penelitian ini adalah siswa
kelas XI-7 yang berjumlah 30 orang dan kelas XI-8 yang berjumlah 30 orang.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan
metode eksperimen dengan bentuk desain posstest-only control design. Instrument
yang digunakan dalam penelitian ini tes essai. Berdasarkan hasil penelitian
kemampuan menulis cerita pendek setelah menggunakan model pembelajaran
project based learning 84,93 termasuk dalam kategori sangat baik. Sedangkan
menulis cerita pendek sebelum menggunakan model pembelajaran project based
learning 57,06 termasuk dalam kategori cukup. Dengan rincian nilai 81-100 ada
21 0rang dalam kategori sangat baik, nilai 61-80 ada 09 orang dalam kategori
baik, nilai 61-80 ada 8 orang dalam kategori baik, dan nilai 41-60 ada 22 orang
dalam kategori cukup. Berdasarkan uji t diketahui dari nilai thitung > ttabel yaitu
12,44 > 1,67 dengan ini hipotesis diterima. Hasil penelitian ini menunjukkan
bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran project based learning terhadap
kemampuan menulis cerita pendek pada siswa kelas XI SMA Negeri 9 Medan
Tahun Ajaran 2023/2024.