Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Make A
Match Pada Mata Pelajaran Matematika Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada
Kelas V SD Muhammadiyah 01 Medan. Jenis penelitian ini adalah Penelitian
Kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa Kelas V SD Muhammadiyah 01
Medan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen.
Instrumen penelitian ini menggunakan tes. Motivasi belajar siswa dengan
menggunakan model pembelajaran Make A Match pada Pelajaran matematika
berada pada kategori baik dengan nilai rata-rata = 90,78. Hal ini dapat diketahui
siswa yang memperoleh nilai 66-79 dikategorikan baik sebanyak 1 orang (2%)
dan siswa yang memperoleh nilai 80-100 dikategorikan sangat baik sebanyak 18
orang (98%). Motivasi belajar siswa tanpa menggunakan model pembelajaran
Make A Match pada Pelajaran matematika berada pada kategori kurang dengan
nilai rata-rata 61,05. Hal ini dapat diketahui siswa yang memperoleh nilai 40-55
dikategorikan kurang sebanyak 6 orang (30%), siswa yang memperoleh nilai 56-
65 dikategorikan cukup sebanyak 9 orang (45%), siswa yang memperoleh nilai
66-79 dikategorikan baik sebanyak 5 orang (25%). Hasil uji hipotesis diperoleh
thitung = 5,3693 selanjutnya harga thitung ini dibandingkan dengan harga ttabel taraf
signifikan α = 5% dengan Db= n1+ n2-2 = 59 maka diperoleh ttabel = 1,684.
Demikian dapat diketahui thitung > ttabel yaitu 5,3693 > 1,684 maka Ha diterima
dengan hipotesis ada pengaruh model pembelajaran Make A Match Pada Mata
Pelajaran Matematika Terhadap motivasi Belajar Siswa oleh siswa kelas V SD
Muhammadiyah 01 Medan tahun pembelajaran 2023-2024. Disimpulkan bahwa
hipotesis terbukti kebenarannya.