Abstract:
Tingkat kemampuan membaca siswa dan hasil belajar siswa di SD Negeri 050652
Sei Musam masih kurang optimal, disebabkan oleh kurangnya penggunaan media
yang menarik oleh guru. Penelitian tindakan kelas dilakukan dalam dua siklus
untuk meningkatkan minat dan kemampuan membaca siswa melalui perencanaan,
pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini menunjukkan bahwa
penerapan media scrapbook dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas III
SD Negeri 050652 Sei Musam. Observasi awal dan tes kemampuan siswa
dilakukan untuk menilai kondisi sebelum penerapan metode pembelajaran yang
diusulkan. Berdasarkan dari suatu penelitian yang telah dilakukan, dapat
disimpulkan bahwa hasil penelitian yang berjudul Penerapan Media Scrapbook
(Buku Tempel) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di Kelas III SD Negeri
050652 Sei Musam telah mencapai tujuan dan dikatakan berhasil atau
berpengaruh. Tujuan dalam penelitian yaitu, untuk dapat mengetahui hasil belajar
siswa sebelum menggunakan media scrapbook (buku tempel) oleh siswa kelas III
SD Negeri 050652 Sei Musam, untuk mengetahui hasil belajar siswa sebelum dan
sesudah menggunakan media scrapbook (buku tempel) ) oleh siswa kelas III SD
Negeri 050652 Sei Musam, untuk mengetahui pengaruh dari media scrapbook
(buku tempel) terhadap hasil belajar siswa kelas III SD Negeri 050652 Sei
Musam. Jenis penelitian ini yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang
dilaksanakan dalam dua siklus.Terdapat suatu peningkatan hasil belajar dari
sebuah media scrapbook (buku tempel) di kelas III SD Negeri 050652 Sei
Musam. Penerapan media scrapbook terbukti efektif dalam meningkatkan hasil
belajar dan minat membaca siswa di SD Negeri 050652 Sei Musam. Hasil
penelitian menunjukkan peningkatan signifikan dalam prestasi belajar siswa
setelah penggunaan media tersebut, dari 87% mencapai Kriteria Ketuntasan
Minimal (KKM) menjadi 96,11% pada siklus kedua.