Abstract:
Pada Siklus I peserta didik yang mendapatkan skor dengan kategori kurang
sebanyak 1 peserta didik dengan presentase 5%, peserta didik yang mendapatkan
skor dengan kategori cukup sebanyak 14 peserta didik dengan presentasi 70% dan
peserta didik yang mendapatkan skor dengan kategori baik sebanyak 5 peserta
didik dengan presentasi 25%. Kemudian Persentase Hasil Belajar Siswa yang
didapatkan yaitu 61%. Artinya, hasil belajar siswa masih kurang karena hasil
presentase masih belum mencapai skor yang ditetapkan oleh peneliti, yaitu
sebesar sebesar 70%. Hal ini sebabkan karena masih ada beberapa peserta didik
yang masih belum terbiasa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe
Snowball Throwing sehingga masih ada beberapa peserta didik yang masih
terlihat binggung saat pelaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball
Throwing berlangsung. Pada siklus II peserta didik yang mendapatkan skor
dengan kategori baik sebanyak 6 peserta didik dengan prsentase 30% dan peserta
didik yang mendapatkan skor dengan kategori sangat baik sebanyak 14 peserta
didik dengan presentasi 70%. Kemudian Persentase Hasil Belajar Siswa yang
didapatkan yaitu 86%, maka dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa
mengalami peningkatan karena hasil presentase masih sudah mencapai skor yang
ditetapkan oleh peneliti, yaitu sebesar sebesar 70%.