Abstract:
Pembelajaran matematika cenderung dianggap sulit oleh sebagian siswa, serta
pembelajaran yang monoton menyebabkan aktivitas serta pemahan konsep siswa
kurang memuaskan. Alternatif penggunaan pendekatan dalam proses
pembelajaran dapat menggunakan model pembelajaran Realistic Mathematics
Education, dikarenakan model RME ini menitik beratkan pada pembelajaran
matematika yang memfokuskan pada kehidupan sehari-hari siswa, membuat
siswa mampu menghubungan materi yang diajarkan dengan pengalamanya.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian jenis
kuantitatif. Menurut (Sugiyono, 2019) penelitian kuantitatif diartikan sebagai
metode penelitian yang berlandaskan pada filsafat positivisme, digunakan untuk
meneliti pada populasi atau sampel tertentu, pengumpulan data menggunakan
instrumen penelitian, analisis data bersifat kuantitatif / statistik, dengan tujuan
untuk menguji hipotetsis yang telah ditetapkan.Berdasarkan hasil pretest pada
kelas ekperimen yang dilakukkan sebelum diberikkannya perlakuan dengan
jumlah siswa sebanyak 24 siswa memperoleh nilai rata-rata 76,40 kemudian
setelah diberikannya perlakuan menggunakan Model Pembelajaran RME
(Realistic Mathematics Education) Terhadap Kemampuan Memahami
Matematika Siswa di kelas V SD IT Ar-Rayu Paya Geli”siswa memperoleh nilai
posttest dengan rata-rata 84,00. Pada kelas kontrol yang berjumlah 13 siswa
memperoleh hasil pretest rata-rata nilai siswa adalah 63,85 kemudian
dilakukkannya pengujuan kembali tanpa menggunakan Model PembelajaranRME
(Realistic Mathematics Education) memperoleh nilai posttest 67,69.