Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan menulis teks prosedur
dengan menggunakan model pembelajaran Project Based Learning siswa kelas
XI SMK Swasta Muhammadiyah 2 Pematang Siantar tahun 2024/2025. Adapun
teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini peneliti menggunakan teknik
simple random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI
Akuntansi-1 yang berjumlah 30 orang di SMK Swasta Muhammadiyah 2
Pematang Siantar. Instrumen yang digunakan dalam penelitian menggunakan tes
esai yaitu menulis teks prosedur sesuai tema. Berdasarkan hasil penelitian dapat
diketahui bahwa kemampuan menulis teks prosedur dengan menggunakan
model pembelajaran Project Based Learning memperoleh nilai rata-rata 83,06
dengan kategori sangat baik, sedangkan kemampuan menulis teks prosedur tidak
menggunakan model pembelajaran Project Based Learning memperoleh nilai
rata-rata 47,5 termasuk dalam kategori kurang baik, Berdasarkan uji hipotesis
diperoleh hasil thitung = 3,79 dengan nilai df sebesar 29 sehingga diperoleh nilai
ttabel = 1,69 dengan demikian thitung > ttabel (3,79 >1,69) dengan demikian dapat
disimpulkan terdapat adanya perbedaan pengaruh model pembelajaran Project
Based Learning oleh siswa kelas XI SMK Swasta Muhammadiyah 2 Pematang
Siantar Tahun 2024/2025.