Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media
pembelajaran dengan menggunakan media Diorama Aquaca (aquarium
cuaca). Diorama AQUACA di desain dengan menggunakan kaca
aquarium dan menggunakan warna-warna cerah serta gambar yang
menarik. Penggunaan media pembelajaran dalam proses belajar
diharapkan mampu meningkatkan partisipasi siswa dalam menyajikan
serta menginterpretasikan materi ajar dengan cara yang lebih menarik.
Penelitian ini menggunakan pendekatan R&D (research and development).
Model pengembangan yang akan digunakan dalam penelitian ini untuk
mengembangkan media pembelajaran adalah model Borg and Gall.
Adapun hasil penelitian yang didapat penelitian pengembangan R&D
(Research and Development) media diorama aquaca edektif dalam
pembelajaran. Hal ini terbukti dengan adanya respons yang baik dari
siswa yang telah menyaksikan dan mempraktikkan secara langsung
proses siklus air dengan media dioara aquaca (Aquarium Cuaca).
Penggunaan media ini dapat dimanfaatkan agar meningkatkan fokus
siswa terhadap materi yang disampaikan dan tentunya siswa lebih
mudah memahami inti pembelajaran yang disampaikan.