dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran project
based learning terhadap kemampuan menulis teks eksplanasi oleh siswa kelas XI
SMA Negeri Kutucane Tahun Pembelajaran 2024/2025. Populasi penelitian ini
adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri Perisai Kutacane tahun pembelajaran
2024/2025 berjumlah 57 siswa. Sampel penelitian ini adalah siswa dari kelas XI
Mia 1 yang berjumlah 30 siswa. Metode penelitian ini menggunakan metode
eksperimen dengan desain one group pretest posttest design. Instrumen yang
digunakan oleh peneliti ialah instrumen tertulis berupa teks essay. Berdasarkan
hasil penelitian kemampuan menulis teks eksplanasi oleh siswa kelas XI SMA
Negeri Perisai Kutacane tahun pembelajaran 2024/2025 sebelum menggunakan
model pembelajaran project based learning dikategorikan masih rendah dengan
nilai rata- rata 65,3. Sementara itu, kemampuan menulis teks eksplanasi oleh
siswa kelas XI SMA Negeri Perisai Kutacane tahun pembelajaran 2024/2025
sesudah menggunakan model paembelajaran project based learning termasuk
dalam kategori baik dengan nilai rata-rata 85, 1. Hasil analisis statistik inferensial
dengan menggunakan rumus uji t dapat diketahui tabel distribusi t dengan taraf
signifikan α =0,05 dan d.b= N-1 =30-1=29. Bila nilai signifikansi t < 0,05 maka
Ho ditolak, artinya terdapat Pengaruh Model Project Based Learning (PjBL)
Terhadap Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi Oleh Siswa Kelas XI MIA SMA
Negeri Perisai Tahun Pembelajaran 2024/2025. Setelah dilakukan perhitungan
melalui SPSS 25.0 diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,00, dimana 0,00< 0,05.
Sehingga dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan H1 diterima. Berdasarkan
perhitungan tersebut, maka dapat dikatakan Model Project Based Learning (PjBL)
“Berpengaruh terhadap Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi Oleh Siswa Kelas
XI MIA SMA Negeri Perisai Tahun Pembelajaran 2024/2025” |
en_US |