DSpace Repository

Pengaruh Model Project Based Learning Terhadap Kemampuan Meringkas Teks Laporan Hasil Observasi dalam Bentuk Diagram Pohon oleh Siswa

Show simple item record

dc.contributor.author Pertiwi, Yuli
dc.date.accessioned 2020-03-14T06:56:01Z
dc.date.available 2020-03-14T06:56:01Z
dc.date.issued 2017-02-20
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/2615
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan meringkas teks laporan hasil observasi dalam bentuk diagram pohon dengan model project based learning, kemudian untuk mengetahui kemampuan siswa meringkas teks laporan hasil observasi dalam bentuk diagram pohon dengan model konvensional, tujuan akhir penelitian ini adalah untuk mengetahui model project based learning terhadap kemampuan meringkas teks laporan hasil observasi dalam bentuk diagram pohon oleh siswa kelas X SMA Tamansiswa Medan tahun pembelajaran 2014-2015. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Tamansiswa Medan. Populasi seluruh siswa kelas X berjumlah 103 siswa. Populasi yang dijadikan sampel (sampel total) adalah kelas X IPA-1 ditetapkan sebagai kelompok eksperimen dengan jumlah siswa 23 orang dan kelas X IPA-2 sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa 22 orang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode eksperimen, dengan model project based learning pada kelas eksperimen dan model konvensional pada kelas kontrol. Penelitian ini menunjukkan pengaruh suatu metode pembelajaran terhadap hasil belajar siswa meringkas teks laporan hasil observasi dalam bentuk diagram pohon, dengan metode ini peneliti menggunakan harga pada ttabel sebagai langkah-langkah dalam mengelola hasil data adalah tes essai meringkas teks laporan hasil observasi dalam bentuk diagram pohon. Hasil penelitian yang dilakukan, diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen adalah 70,28 (mean) dan pada kelas kontrol 51,51 (mean). Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat Pengaruh Model Project Based Learning Terhadap Kemampuan Meringkas Teks Laporan Hasil Observasi dalam Bentuk Diagram Pohon oleh Siswa Kelas X SMA Tamansiswa Medan Tahun Pembelajaran 2014-2015. Hal ini, dibuktikan dari hasil pengujian hipotesis dimana thitung>ttabel yaitu (6,05 > 1,681), karena hasil kemampuan siswa dalam meringkas teks laporan hasil observasi dalam bentuk diagram pohon yang diajar dengan menggunakan model project based learning lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model konvensional. Dengan demikian, hipotesis Ha diterima en_US
dc.subject Model Project Based Learning en_US
dc.subject Kemampuan Meringkas Teks en_US
dc.title Pengaruh Model Project Based Learning Terhadap Kemampuan Meringkas Teks Laporan Hasil Observasi dalam Bentuk Diagram Pohon oleh Siswa en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account