DSpace Repository

Pengaruh Metode Hypnoteaching Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Siswa Kelas IV SD Muhammadiyah 31 Medan Helvetia

Show simple item record

dc.contributor.author Khofifah, Ulfatul
dc.date.accessioned 2024-11-13T10:49:05Z
dc.date.available 2024-11-13T10:49:05Z
dc.date.issued 2024-09-21
dc.identifier.uri https://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/26141
dc.description.abstract Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya motivasi belajar siswa. Siswa belum aktif dalam mengikuti kegiatan pembelajaran sehingga siswa sangat kurang dalam melakukan kegiatan pembelajaran berlangsung. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui Pengaruh Dari Metode Hypnoteaching Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Siswa Kelas IV SD Muhammadiyah 31 Medan Helvetia. Populasi dari penelitian ini yaitu berjumlah 44 siswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini yaitu menggunakan teknik Purposive Sampling. Insturmen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu lembar angket. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu menggunakan Uji Prasyarat (Uji Normalitas dan Uji Homogenitas) serta Uji-T (Independen t-test). Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa metode hypnoteaching berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa kelas IV SD Muhammadiyah 31 Medan Helvetia, dilihat dari hasil yang signifikan (sig-2 tailed) 0,000 < 0,05, artinya adalah Ha diterima H0 ditolak. ini membuktikan bahwa adanya pengaruh metode hypnoteaching terhadap motivasi belajar siswa kelas IV SD Muhammadiyah 31 Medan Helvetia. Hasil analisis data memperoleh rata-rata (mean) pada kelas kontrol tanpa diberikannya perlakuan (treatment) penggunaan metode hypnoteaching yaitu sebesar 70,21. Sedangkan pada siswa kelas eksperimen yang diberikannya perlakuan (treatment) menggunakan metode hypnoteaching memperoleh nilai rata-rata 90,95. Maka dari itu siswa yang mendapatkan perlakuan dengan menggunakan metode hypnoteaching memiliki rata-rata nilai yang lebih tinggi dibandingkan siswa yang tanpa menggunakan metode hypnoteaching. en_US
dc.publisher UMSU en_US
dc.subject Metode Hypnoteaching en_US
dc.subject Motivasi Belajar Siswa en_US
dc.title Pengaruh Metode Hypnoteaching Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Siswa Kelas IV SD Muhammadiyah 31 Medan Helvetia en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account