DSpace Repository

IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING ( PJBL ) UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR KELAS 3 SD MUHAMMADIYAH 1 AEK KANOPAN

Show simple item record

dc.contributor.author PRAWESTI, RAMADINAH
dc.date.accessioned 2024-11-13T09:38:21Z
dc.date.available 2024-11-13T09:38:21Z
dc.date.issued 2024-10-18
dc.identifier.uri https://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/26135
dc.description.abstract Penelitian yang berjudul Implementasi Model Pembelajaran Project Based Learning (PJBL) untuk Meningkatkan Kreativitas Belajar Siswa Sekolah Dasar 3 Muhammadiyah 1 Aek Kenopan ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat peningkatan kreativitas belajar siswa di kelas tersebut dengan menggunakan model pembelajaran PJBL. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dibagi menjadi 2 siklus, diantaranya siklus pertama (I) dan siklus kedua (II) dengan masing-masing siklus melalui 4 tahap yakni : 1) Perencanaan, 2) Pelaksanaan, 3) Pengamatan, dan 4) Refleksi. Subjek dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas 3 SD Muhammadiyah 1 Aek Kenopan yang berjumlah 20 siswa. Hasil penelitian ini meyatakan bahwa implemantasi model pembelajaran Project Based Learning (PJBL) dapat meningkatkan kreativitas belajar siswa, hal ini didukung oleh nilai rata-rata siswa yang diperoleh pada siklus I yaitu 73,5. dengan presentase kelulusan 55% sebanyak (11 siswa) dan 45% sebanyak (9 siswa). Hasil observasi yang dilakukan terhadap guru dengan skala 1-5 memperoleh skor 52 dengan presentase 61,7% pada skor maksimal sebesar 85. Sedangkan pada siklus II, terjadi peningkatan yang signifikan yakni, nilai rata-rata siswa yang diperoleh sebesar 80, dengan presentase lulus 90% sebanyak (18 siswa) dan tidak lulus 10% sebanyak (2 siswa). Hasil observasi terhadap guru juga terdapat peningkatan yakni memperoleh skor 75 dengan presentase sebesar 88,23% pada skor maksimal sebesar 85. Berdasarkan hal tersebut, maka dapat diperoleh hasil bahwa implementasi model pembelajaran Project Based Learning mampu meningkatkan kreativitas siswa kelas 3 SD Muhammadiyah 1 Aek Kenopan secara signifikan. en_US
dc.subject Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) en_US
dc.subject Kreativitas Belajar Siswa. en_US
dc.title IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING ( PJBL ) UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR KELAS 3 SD MUHAMMADIYAH 1 AEK KANOPAN en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account